2,112 views | Posted by Krishnamurti On August – 19 – 2008 16 Comments

Kok seperti ada Setan & Malaikat dalam diriku?

“Duh, aku bingung deh dengan diriku ini? Emosiku sering meledak-ledak, tapi kadang juga bisa sangat sedih. Kadang cuma ingin berdiam diri saja sendiri. Dalam diri aku, kayak ada 2 orang yang sering ngomong, gitu lho. Kadang si Baik yang ngomong, kadang si Jahat yang ngomong. Aku Stresss banget nih. Aku aneh, aku gila ya, Kak Krishna?”

Saya menjawab dengan tertawa: “Betul sekali, kamu sudah mulai gila ha..ha..” Yang nanyapun makin stres dan tranceee…

The Law of Polarity

Begitulah kegalauan insan manusia di usia akil balik, usia remaja, usia transformasi dari anak-anak ke dewasa. Membingungkan, menggalaukan, sulit ditebak dan rentan secara emosi. Bagaimana mengatasi kedua emosi yang seringkali ekstrem ini? Emosi Setan dan emosi Malaikat, begitulah bahasa “guyon”-nya. Sayapun tidaklah terlalu tahu. Namun, tantangan ini membuat saya berpikir keras dan menguji coba beberapa teknik-teknik NLP. Minimal untuk membantu lebih reda, lebih enak dan semoga bisa selesai dengan baik.

Nah dalam hidup ini pasti: ada Hitam, ada Putih. Ada siang, ada malam. Ada tangis, ada tawa. Ada dingin, ada panas. Ada Setan, ada Malaikat. Sadari saja dalam hidup ini pasti ada ke 2 hal yang berlawanan. It’s a law of universe. Tidak bisa kita lawan. Tidak bisa ditolak. Tapi justru, diterimaaa… berdamai… Peace, peace!

Ide dari Collapse Anchoring

Oke, tadi tuh omongan orang dewasa . Sekarang kita kembali yok ke situasi kamu sebagai remaja. Kakak, kebetulan ada ide sederhana yang lumayan efektif dan powerful lho. Nama asalnya Collapse Anchoring, kereeen kan? Tapi karena diotak-atik gaya kakak, maka dibuat lebih sederhana aja ya, kakak beri nama: Teknik “Katupkan Tangan” guna mendamaikan Setan & Malaikat yang sering muncul di pikiranmu.

Kamu gak usah kuatir, bahwa kamu gila. Hampir semua orang kok punya pengalaman kayak kamu, walau sudah kakek nenek. Kakak banyak nangani klien orang dewasa yang ngalami kayak kamu. Bahkan, di Batam ada klien yang punya 10 Setan & Malaikat dalam pikirannya, sereeem kan? Pada bandel-bandel lagi. Hanya, kamu lebih ekspresif aja sehingga kamu lebih keblinger. Tapi bagus, kamu bisa mengenali situasi itu.

Nah, ini kakak punya ide sederhana. Teknik ini mudah banget kok. Kamu bisa lakukan sendiri. Ini caranya:

 

  1. Ambil posisi seperti kamu mau berdoa, boleh bersila, boleh duduk atau bersujud. Bagus juga kamu lakukan teknik ini pada malam hari sebelum kamu mau tidur, agar tidurmu bisa sangat nyenyak…
  2. Buka telapak tangan kirimu menghadap ke atas, lalu:
    • Pindahkan seluruh perasaan kamu hari ini yang membuatmu galau seperti kesal, marah, sedih, ngambek, benci, nggak enak di dalam dada dan lain-lainnya ke telapak tangan kiri tersebut. Caranya tarik nafas, lalu pindahkan perasaan “PALING” galau tadi dengan meniupkan nafas ke telapak kiri kamu.
    • Terus hembuskan nafas kamu ke telapak kiri kamu tadi, sampai kamu merasa lebih enak (kayak terasa enteng). Hebatnya, pikiran kamu tahu dan nurut apapun yang kamu perintahkan.
    • Setelah kira-kira semua perasaan galau kamu pindah, lalu kepalkan telapak kirimu dengan erat. Karena kita mau kunci tuh perasaan galau itu supaya gak nyebar kemana-mana.
  3. Sekarang, tarik nafas yang dalam banget dan hembuskan pelan-pelan…
  4. Pasti juga hari ini kamu mengalami perasaan senang, gembira, nyaman, bahagia, tertawa-tawa atau yang seperti inilah. Nah, sekarang buka telapak tangan kananmu menghadap ke atas, lalu:
    • Pindahkan seluruh perasaan senang dan gembira kamu hari ini ke telapak tangan kanan kamu. Caranya tarik nafas, lalu pindahkan perasaan “PALING” senang dan gembira dengan meniupkan nafas ke telapak kanan kamu.
    • Terus saja pindahkan sampai rasanya banyak banget dan telapak tangan kananmu penuh luber dengan perasaan senang dan gembira.
    • Sekarang, kepalkan telapak tangan kanan kamu sekuat mungkin. Karena kita mau menggunakan kekuatan positip kamu untuk menyelesaikan banyak hal dalam kehidupan kamu.
  5. Nah, ini jurus kunci yang harus kamu ingat dan lakukan. Dengan sangat cepat, buka kedua telapak tanganmusatukan, boleh ditambah gosok-gosok kedua belah telapak tanganmu.
  6. Lalu, tarik nafas dengan perlahan melalui hidung dan buang nafasmu selambat dan sepanjang mungkin, melalui mulut huuuh…
  7. Bagus banget jika kamu lanjutkan dengan doa bersyukur atas apa yang telah kamu alami dan semoga membuat kamu makin kuat dan makin baik.
  8. Tidur deh yang lelaaap ya… zzz…zzz…

Mengalami Berbagai Macam Rasa
Setelah kamu makin terasa tenang, ini lho sedikit pelajaran kehidupan. Dalam hidup ini ada macam-macam rasa. Ada manis, ada pahit, ada pedas, ada asin dan kawan-kawan. Kan, gak seru kalo kamu hanya tahu rasa manis aja. Kapan kamu punya pengalaman lainnya. Semakin kami tahu macam-macam rasa, maka kamu semakin kaya pengalaman. Dan, kamu juga akan semakin banyak bekal untuk melanjutkan perjalanan kehidupan ini ke masa depanmu.

Semakin banyak pengalaman rasa dan kamu tahu bagaimana menyiasati dan menikmati rasa itu, maka kamu akan semakin bijak. Walau kamu masih remaja. Ingat lho, bijak itu bukan hanya milik orang yang lebih tua dari kamu.

Bijak itu milik orang yang bisa menguasai rasa dalam dirinya. Kalo bahasa orang tuanya sih “orang yang sudah bisa mengendalikan diri”, gitu deh!

Jadi syukuri kalo bisa ngalamin macem-macem rasa dalam hidupmu ya…, karena akan membuat kamu kuat nantinya. Itu ya kurang lebih hikmah kehidupan ini. Oke, lalu…

Ingat! Latih sampai Mahir & Ajarin juga Temanmu

Buatlah orang tua kamu bangga padamu!

Salam sayang dari kakakmu, juga untuk Papa Mama kamu ya…

Krishnamurti

Mindset Motivator